Langsung ke konten utama

Mengenal Huruf Jepang : Hiragana



Huruf dalam bahasa Jepang memang tidak sesederhana seperti bahasa  Indonesia yang cuma terdiri dari huruf A sampai Z. Tapi dalam bahasa Jepang ada 3 macam huruf yang biasa digunakan, yaitu: 
HiraganaKatakana, dan Kanji.

Kok beda-beda? Terus kapan makenya kalo gitu?

Huruf Hiragana biasanya dipakai untuk menyatakan partikel, akhiran kata sifat, dan kata kerja yang menunjukkan tata bahasa. Huruf hiragana juga biasa dipakai buat anak-anak kecil yang belum bisa baca huruf Kanji, seperti anak SD. Lalu kita? Hihihihi

Huruf Katakana biasanya dipakai untuk menulis kata serapan asing. Termasuk nama-nama kita orang Indonesia juga pakai katakana kalau ingin ‘menjepangkannya’.


Huruf Kanji? Ehemm jadi sebelum membahas huruf keramat spesial ini, lancarkan dulu huruf hiragana dan katakana kita dulu. Karena? Yaah beda gores aja sudah bisa merubah makna.

Misal nih ya...
(さら) : artinya piring
() : artinya darah
Lihat perbedaannya? Cuma beda satu coretan di atas itu membedakan arti yang sangat jauh. Dari piring ke darah? Mungkin dulu orang jepang sering mecahin piring kali ya jadi banyak korban berdarah.

Yahh intinya, sebelum belajar lebih jauh tentang bahasa jepang, ada baiknya untuk mengenal huruf Hiragana dan Katakana dulu..

Di postingan kali ini saya akan memberikan list hiragana saja. Untuk list katakana silahkan ke postingan selanjutnya.

Ini dia list huruf Hiragana...

A
I
U
E
O
K
S
T
Chi
Tsu
N
H
Fu
M
Y
R
W
N

Tau cara membacanya, ‘kan? Konsonan itu tinggal mengikuti vokal yang diatas. Misal, hiragana –dibaca ‘sa’, –dibaca ‘si’, –dibaca ‘chi’, dan seterusnya. Oke ;)

Dan list-list berikut ini bisa dikatakan turunan dari hiragana yang diatas.


A
I
U
E
O
G
Z
D
B
P

Cara membacanya sama seperti diatas, konsonan tinggal mengikuti vokal diatas J
Ka menjadi ga       à   (teng teng)
Sa menjadi za        :さ à (teng teng)
Ta menjadi da        :た à (teng teng)
Ha menjadi ba       :は à (teng teng)
Ha menjadi pa       :は à (maru)
Bedanya cuma tambahan garis dua sama bulet-bulet, ya? Itu namanya maru (o) dan teng-teng (“)



A
U
O
Ky
きゃ
きゅ
きょ
Sy
しゃ
しゅ
しょ
Ch
ちゃ
ちゅ
ちょ
Ny
にゃ
にゅ
にょ
Hy
ひゃ
ひゅ
ひょ
My
みゃ
みゅ
みょ
Ry
りゃ
りゅ
りょ

Jangan! Jangan! Jangan pusing dulu... apalagi sampai bilang “ihh apaan nih, banyak banget yang mesti gua hafal kalo begini. Udahan ah. Nyerah!”

Cermati dulu. Tarik nafas, buang. Haha xD

Oke lanjut ya... kalo kita cermat pasti sebenernya nggak asing sama kumpulan huruf baru diatas. Yups! Kalo diperhatiin semua menggandeng ‘anak kecil’ di sebelah kanan. Itu huruf ‘(ya) (yu) (yo)’ yang di perkecil menjadi ukuran ¼ dari huruf normal hiragana.

Kemudian ‘induknya’ adalah kumpulan dari deretan huruf dengan akhiran ‘i’. (ki), (shi), (chi), (ni), (hi), (mi), (ri). Iya, ‘kan?
Jadi kalau mereka bergabung akan menghasilkan bunyi baru.
Misal: きゃ(kya). Gabungan dari huruf ‘ki’ dan ‘ya’. Tapi bukan dibaca secara ‘normal’ kiya, kita langsung saja membacanya kya.



A
U
O
Gy
ぎゃ
ぎゅ
ぎょ
Jy
じゃ
じゅ
じょ
By
びゃ
びゅ
びょ
Py
ぴゃ
ぴゅ
ぴょ

Ini sama saja seperti diatas, tinggal ditambah teng-teng ­dan ­maru.

Okay. Itu tadi ひらがな sudah bisa baca ini? beserta turunannya. Jangan menyerah dulu karena terlalu banyak listnya mungkin. Saya hanya mencoba memberikan list lengkap beserta turunannya J
Semangat menghafal untuk yang minat, Minna :D
あきらめない!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minnasan atau Minasan?

         Yang benar mina san atau minna san, ya? Apakah kamu termasuk orang yang bingung dengan kata ‘Minna ( みんな ) dalam bahasa jepang? Sebenarnya mana yang lebih tepat? みんな (minna) atau みな (mina)? Disini saya akan membahas perbedaannya... karena masih banyak orang-orang yang salah dalam penggunaan kata ini. Saya pun dulu termasuk orang yang menggunakannya dengan salah, kalau bukan karena dosen saya yang memulai protesnya ditengah-tengah jam kuliah. Karena kebiasaan di jurusan kami, mahasiswanya banyak yang berteman dengan dosen di facebook. Alhasil sering sekali muncul status mahasiswa yang kadang sok-sok gaya memakai bahasa jepang. Hahaha, termasuk saya / (-_-) \ dan status yang salah-salah tulis itu lama-kelamaan mengganggu beranda dosen m(._.)m

Belajar Kanji Dasar -Hari- (Remake)

やった! Libur ‘tlah tiba~   v( = ^ 0 ^ = )v Akhirnya saya bisa mengisi sesuatu lagi di Blog ini. Setelah satu semester lamanya *halah* saya sibuk dengan blog lain. Bukan bermaksud selingkuh, tapi saya memang diharuskan untuk membuat blog (lagi) dengan semua postingannya harus berbahasa jepang demi memenuhi 2sks. Dan memang, pusing ( ;´Д` )   Kliyengan tiap mikir “Mau update apa ya hari ini?” Karena liburan masih beberapa bulan lagi, semoga saya bisa rajin update disini... mengatasi bosen se bosen-bosennya, karena stok film sama dorama buat liburan udah nyaris abis ・゜・ ( ノД `) ・゜・ Okehh~ saya sudahi sesi curhat ini, 漢字を勉強しましょう! Ayo mulai belajar K A N J I \(*⌒0⌒)♪