Langsung ke konten utama

Mengenal Huruf Jepang : Katakana


Yuk mari kali ini kita menambah ilmu baru dengan *jeng jeng jeng* カタカナ.

Karena saya memutuskan untuk menambahkan sedikit banyak list hiragana sebelumnya, akhirnya postingan hiragana dan katakana disendiri-sendirikan. Fungsi katakana sudah dibahas di bagian sebelumnya ya... jadi langsung aja deh buat yang nggak sabar melihat list カタカナ.


Dan ini untuk list Katakana...

A
I
U
E
O
K
S
T
(chi)
(tsu)
N
H
(fu)
M
Y
R
W
N

Cara membacanya masih sama seperti dipostingan sebelumnya ya, konsonan tinggal digandeng bersama vokal yang di atas.
Masih mau diingetin fungsinya? Ya syudaaah ini dia...

Katakana digunakan untuk menulis kata-kata serapan dan kata asing menurut bahasa jepang, juga untuk menuliskan nama orang yang bukan nama jepang.

Contoh:
カメラ(kamera)                        = kamera
タクシー (takushii)                  = taksi
インドネシア (indonesia)         = Indonesia
サントス (Santosu)                  = Santos *nama orang*

List-list dibawah ini adalah turunan dari katakana. Karena cara baca dan cara bacanya sama dengan postingan pada Hiragana, jadi saya langsung memberikan listnya saja J
Silakan dipahami, diresapi, dihafalkan, dan diamalkan *wesyeeh* setidaknya untuk menulis nama kalian masing-masing :D


A
I
U
E
O
G
Z
D
B
P



A
U
O
Ky
キャ
キュ
キョ
Sy
シャ
シュ
ショ
Ch
チャ
チュ
チョ
Ny
ニャ
ニュ
ニョ
Hy
ヒャ
ヒュ
ヒョ
My
ミャ
ミュ
ミョ
Ry
リャ
リュ
リョ



A
U
O
Gy
ギャ
ギュ
ギョ
Jy
ジャ
ジュ
ジョ
By
ビャ
ビュ
ビョ
Py
ピャ
ピュ
ピョ


Itu tadi huruf katakana yang perlu dihafal bagi kalian yang syuka bahasa jepang. Besok kapan-kapan lanjut lagi dengan huruf kanji yang sedikit saya ketahui ^.^
あきらめない!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minnasan atau Minasan?

         Yang benar mina san atau minna san, ya? Apakah kamu termasuk orang yang bingung dengan kata ‘Minna ( みんな ) dalam bahasa jepang? Sebenarnya mana yang lebih tepat? みんな (minna) atau みな (mina)? Disini saya akan membahas perbedaannya... karena masih banyak orang-orang yang salah dalam penggunaan kata ini. Saya pun dulu termasuk orang yang menggunakannya dengan salah, kalau bukan karena dosen saya yang memulai protesnya ditengah-tengah jam kuliah. Karena kebiasaan di jurusan kami, mahasiswanya banyak yang berteman dengan dosen di facebook. Alhasil sering sekali muncul status mahasiswa yang kadang sok-sok gaya memakai bahasa jepang. Hahaha, termasuk saya / (-_-) \ dan status yang salah-salah tulis itu lama-kelamaan mengganggu beranda dosen m(._.)m

Belajar Kanji Dasar -Hari- (Remake)

やった! Libur ‘tlah tiba~   v( = ^ 0 ^ = )v Akhirnya saya bisa mengisi sesuatu lagi di Blog ini. Setelah satu semester lamanya *halah* saya sibuk dengan blog lain. Bukan bermaksud selingkuh, tapi saya memang diharuskan untuk membuat blog (lagi) dengan semua postingannya harus berbahasa jepang demi memenuhi 2sks. Dan memang, pusing ( ;´Д` )   Kliyengan tiap mikir “Mau update apa ya hari ini?” Karena liburan masih beberapa bulan lagi, semoga saya bisa rajin update disini... mengatasi bosen se bosen-bosennya, karena stok film sama dorama buat liburan udah nyaris abis ・゜・ ( ノД `) ・゜・ Okehh~ saya sudahi sesi curhat ini, 漢字を勉強しましょう! Ayo mulai belajar K A N J I \(*⌒0⌒)♪

Mengenal Huruf Jepang : Hiragana

Huruf dalam bahasa Jepang memang tidak sesederhana seperti bahasa  Indonesia yang cuma terdiri dari huruf A sampai Z. Tapi dalam bahasa Jepang ada 3 macam huruf yang biasa digunakan, yaitu:  Hiragana ,  Katakana , dan  Kanji . Kok beda-beda? Terus kapan makenya kalo gitu? Huruf Hiragana biasanya dipakai untuk menyatakan partikel, akhiran kata sifat, dan kata kerja yang menunjukkan tata bahasa. Huruf hiragana juga biasa dipakai buat anak-anak kecil yang belum bisa baca huruf Kanji, seperti anak SD. Lalu kita? Hihihihi Huruf Katakana biasanya dipakai untuk menulis kata serapan asing. Termasuk nama-nama kita orang Indonesia juga pakai katakana kalau ingin ‘menjepangkannya’.